Kamis, 08 September 2011

Macam-macam Distro linux



Distro Linux (Singkatan dari distribusi Linux) adalah sebutan untuk sistem operasi komputer dan aplikasinya, merupakan keluarga Unix yang menggunakan kernel Linux. Distribusi Linux bisa berupa perangkat lunak bebas dan bisa juga berupa perangkat lunak komersial.
1.DEBIAN
Debian adalah sistem operasi berbasis kernel Linux. Debian termasuk salah satu sistem operasi Linux yang bebas untuk dipergunakan dengan menggunakan lisensi GNU.Debian GNU/Linux adalah distro non komersial yang dihasilkan oleh para sukarelawan dari seluruh dunia yang saling bekerjasama melalui Internet. Distro ini menginginkan adanya semangat open-source yang harus tetap ada pada Debian. Kedinamisan distro ini membuat setiap rilis paket-paketnya di-update setiap waktu dan dapat diakses melalui utilitas apt-get. Apt-get adalah sebuah utilitas baris-perintah yang dapat digunakan secara dinamis untuk meng-upgrade sistem Debian GNU/Linux melalui apt-repository jaringan archive Debian yang luas. Milis dan forum debian selalu penuh dengan pesan-pesan baik mengenai bug, masalah, sharing, dll. Dengan adanya sistem komunikasi ini bug dan masalah keamanan pada tiap paket dapat dilaporkan oleh para pengguna dan pengembang Debian dengan cepat. Debian adalah ‘kernel independen’, yaitu sistem operasi Debian dikembangkan murni tanpa mendasarkan pada sistem operasi yang telah ada.Keuntungan dari Debian adalah upgradability, ketergantungan antar paket didefinisikan dengan baik, dan pengembangannya secara terbuka.

2.REDHAT
Red Hat adalah distro yang cukup populer di kalangan pengembang dan perusahaan Linux. Dukungan-dukungan secara teknis, pelatihan, sertifikasi, aplikasi pengembangan, dan bergabungnya para hacker kernel dan free-software seperti Alan Cox, Michael Johnson, Stephen Tweedie menjadikan Red Hat berkembang cepat dan digunakan pada perusahaan. Poin terbesar dari distro ini adalah Red Hat Package Manager (RPM). RPM adalah sebuah perangkat lunak untuk memanajemen paket-paket pada sistem Linux kita dan dianggap sebagai standar de-facto dalam pemaketan pada distro-distro turunannya dan yang mendukung distro ini secara luas.
3.UBUNTU
Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian dan memiliki interface desktop. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth). Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. “Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”. Ubuntu juga bisa berarti “aku adalah aku karena keberadaan kita semua”. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak.
Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional. Ubuntu sendiri dikembangkan oleh komunitas sukarelawan Ubuntu dan kami mengundang Anda untuk turut
serta berpartisipasi mengembangkan Ubuntu!
Komunitas Ubuntu dibentuk berdasarkan gagasan yang terdapat di dalam filosofi Ubuntu:
• bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya
• bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan
• bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.
Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary); bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan.
Berikut ini adalah komitmen publik tim Ubuntu untuk para penggunanya:
• Ubuntu akan selalu bebas dari biaya, maka dari itu tidak akan ada biaya tambahan untuk “edisi enterprise”, kami akan membuat semua pekerjaan terbaik Ubuntu tersedia untuk semua orang dengan istilah Bebas yang sama.
• Ubuntu juga menyediakan dukungan komersial dari ratusan perusahaan di seluruh dunia. Ubuntu dirilis secara tetap dan dapat Anda prediksikan; rilis Ubuntu terbaru tersedia setiap enam bulan. Setiap rilis akan didukung oleh Ubuntu dengan perbaikan pada keamanan dan perbaikan lainnya secara bebas selama sekurangnya 18 bulan.
• Ubuntu akan menyertakan terjemahan dan prasarana aksesibilitas terbaik yang dimiliki oleh komunitas Perangkat Lunak Bebas, hal ini berguna untuk membuat Ubuntu dapat dipergunakan oleh banyak orang. Kami juga bekerja sama dengan seluruh komunitas [Perangkat Lunak Bebas] dalam hal perbaikan bug dan saling membagi kode.
• Ubuntu berkomitmen secara penuh terhadap prinsip-prinsip dari pengembangan perangkat lunak bebas; untuk ini kami mendorong masyarakat untuk menggunakan perangkat lunak bebas dan open source, lalu memperbaikinya dan kemudian menyebarkannya kembali.
Ubuntu cocok digunakan baik untuk desktop maupun server. Ubuntu saat ini mendukung berbagai arsitektur komputer seperti PC (Intel x86), PC 64-bita (AMD64), PowerPC (Apple iBook dan Powerbook, G4 dan G5), Sun UltraSPARC dan T1 (Sun Fire T1000 dan T2000). Ubuntu menyertakan lebih dari 16.000 buah perangkat lunak, dan untuk instalasi desktop dapat dilakukan dengan menggunakan satu CD saja. Ubuntu menyertakan semua aplikasi standar untuk desktop mulai dari pengolah kata, aplikasi lembar sebar (spreadsheet) hingga aplikasi untuk mengakses internet, perangkat lunak untuk server web, peralatan untuk bahasa pemrograman dan tentu saja beragam permainan. (diambil dari www.ubuntu-id.com)
4.FEDORA
Fedora (sebelumnya bernama Fedora Core, terkadang disebut juga dengan Fedora Linux) adalah sebuah distro Linux berbasis RPM dan yum yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Red Hat. Nama Fedora berasal dari karakter fedora yang digunakan di logo Red Hat. Pada rilis 1 sampai 6 distro ini bernama Fedora Core yang kemudian berubah menjadi Fedora pada rilis ke-7.
5.XANDROS
Xandros Linux adalah sebuah distro Linux yang berdasarkan pada sistim KDE. Tampilannya sangat mirip dengan Microsoft Windows, jadi apabila dioperasikan sangat mudah dan nyaman. Tetapi, Xandros memiliki integrasi lebih baik dengan jaringan Windows, mampu menjalankan aplikasi OfficeXP, mampu meresize partisi NTFS saat instalasi, dll. Xandros juga bukan merupakan produk gratis tetapi komersial.
Secara singkat Xandros menawarkan kelebihan berikut:
~ Lima langkah instalasi grafis yang mudah
~ Manajemen partisi terintegrasi
~ Tampilan yang familiar
~ Aplikasi berkualitas dari para engineer Xandros
~ Kompatibilitas dengan file format Microsoft
Tampilannya sangat mirip dengan Microsoft Windows, jadi apabila dioperasikan sangat mudah dan nyaman
Kelebihan …!
1. Mudah menginstallnya
2. Mudah dalam sharing file dan folder dengan komputer windows
3. Lumayan gegas (Atlon XP 1,7 RAM 256)
4. Tampilan cool dan oke
5. Menunya lumayana mudah (berbasis KDE)
Kekurangan
1. Tidak sepenuhnya free
2. Distro Linux (Singkatan dari distribusi Linux) adalah sebutan untuk sistem operasi komputer dan aplikasinya, merupakan keluarga Unix yang menggunakan kernel Linux.
Distribusi Linux bisa berupa perangkat lunak bebas dan bisa juga berupa perangkat lunak komersial.:
6.KNOPPIX
Knoppix merupakan distro Linux live-cd yang dapat dijalankan melalui CD-ROM tanpa menginstalnya di hard-disk. Distro ini berbasis Debian Linux dan diciptakan oleh Klaus Knopper. Aplikasinya sangat lengkap dan cocok untuk demo atau belajar Linux bagi yang belum mempunyai ruang pada hard-disknya, dapat juga untuk CD rescue. Kelemahan dari knoppix adalah diperlukannya memori yang besar untuk menggunakan modus grafisnya yaitu 96 MB walaupun bisa juga dijalankan pada memori 64 MB dengan swap pada hard-disk seperti pengalaman penulis tapi Anda perlu sedikit bersabar. Distro ini berbasis Debian GNU/Linux.
7.SLACKWARE
Distro ini merupakan distro buatan Patrick Volkerding dari Slackware Linux, Inc. yang terkenal pertama kali setelah SLS. Slackware merupakan salah satu distro awal, dan merupakan yang tertua yang masih dikelola Tujuan utama Slackware adalah stabilitas dan kemudahan desain, serta menjadi distribusi Linux yang paling mirip Unix,sederhana, stabil, mudah dikustom, dan didesain untuk komputer 386/486 atau lebih tinggi. Distro ini termasuk distro yang cryptic dan manual sekali bagi pemula Linux, tapi dengan menggunakan distro ini beberapa penggunanya dapat mengetahui banyak cara kerja sistem dan distro tersebut. Slackware adalah tertua yang masih tegar bertahan di segala jaman. Baru-baru ini merilis generasi barunya Slackware versi 11 diantara gelombang peluncuran distro-distro besar lainnya seperti Mandriva 2007 dan tidak lama lagi Fedora 6.
8.SUSE
SUSE sebelumnya bernama SUSE Linux dan SuSE Linux Professional .SUSE Linux adalah salah satu distro Linux utama yang dibuat di Jerman. SUSE Linux aslinya merupakan terjemahan dalam bahasa Jerman dari Slackware. Perusahaannya sekarang ini dimiliki oleh Novel, Inc. S.u.S.E adalah singkatan dari kalimat dalam bahasa Jerman “Software- und System-Entwicklung” (“Perangkat lunak dan pengembangan sistem”), tetapi ada informasi tidak resmi yang mengatakan bahwa S.u.S.E dihubungkan dengan ilmuwan komputer Jerman Konrad Zuse.

9.TURBO LINUX
Turbo Linux merupakan salah satu distro Linux yang diminati oleh perusahaan dan perorangan di Jepang dan Asia. Produk berbasis Linux dengan kinerja tinggi ini dimanfaatkan untuk pasar workstation dan server terutama untuk penggunaan clustering dan orientasinya ke perusahaan. Beberapa produk-produknya: TurboLinux Workstation untuk dekstopnya, TurboLinux Server untuk backend server dengan kinerja tinggi terutama untuk penggunaan bisnis di perusahaan, e-commerce dan transaksi B2B (Business-to-Business).
10.CentOS
CentOS adalah sistem operasi bebas yang didasarkan pada Red Hat Enterprise Linux (RHEL).
CentOS singkatan dari Community ENTerprise Operating System (Sistem Operasi Perusahaan buatan Komunitas/Masyarakat).
11.GENTOO
Gentoo Linux adalah suatu distribusi Linux yang memakai paket sistem manajemen Portage. [Bandingkan dengan: Debian yang menggunakan paket .deb, RedHat / Mandrake yang menggunakan paket .rpm].
Manajemen paket ini dirancang untuk modular (mudah ditambah-tambah), portabel (dapat di port ke distro lain), mudah ditata, fleksibel, dan dioptimalkan untuk masing-masing komputer pengguna.
12.MANDRIVA LINUX / LINUX-MANDRAKE
Mandriva Linux (dahulu dikenal dengan nama Mandrakelinux atau Mandrake Linux) adalah sistem operasi yang dibuat oleh Mandriva (dahulu dikenal dengan nama Mandrakesoft).Mandriva Linux menggunakan RPM Package Manager.Linux-Mandrake adalah salah satu distro turunan dari Red Hat Linux yang menyediakan banyak pengembangan dan aplikasi ‘pre-configured’ dan didukung banyak bahasa di seluruh dunia. Distro ini dikenal mudah untuk pemula dan cocok untuk kelas desktop tapi tidak menutup kemungkinan untuk dijadikan platform pada server. Optimasi untuk prosesor kelas Pentium ke atas membuat Linux-Mandrake dapat berjalan dengan baik pada platform tersebut.
13.FREE SPIRE
Freespire adalah versi gratis dari distro Linspire (a.k.a Lindows), kemudian mungkin dikarenakan permasalahan nama, berubah menjadi Linspire.
14.PC LINUX OS
PCLinuxOS, sering disingkat sebagai PCLOS, adalah sebuah sistem operasi desktop. Ini adalah sebuah sistem operasi bebas untuk komputer pribadi yang bertujuan untuk memudahkan penggunaan.
15.PUPPY LINUX
Puppy Linux adalah salah satu distro Linux Live CD yang sangat kecil ukurannya dan mengutamakan kemudahan dalam penggunaan.
Seluruh sistem operasi dan aplikasinya berjalan dalam RAM, yang membolehkan media booting dilepas setelah sistem operasi berhasil dijalankan
.
16.DAMN SMALL LINUX
Damn Small Linux(DSL) adalah salah satu distro/varian linux mini. Disebut mini karena paket DSL cuma 50MB besarnya. DSL juga memungkinkan untuk diinstall di USB 128MB.
17.KULIAX
Kuliax adalah sebuah distribusi Linux LiveCD yang dikembangkan oleh Kuliax Project untuk pendidikan di universitas. Distribusi ini berbasis Debian GNU/Linux dan Knoppix, serta telah dioptimasi ke arah penggunaan desktop Linux.


18.LYCORIS
Lycoris adalah distro linux yang telah membuat versi linux yang cantik dan menyerupai WinXP, dari segi warna,icon, maupun kemudahan-kemudahan yang ada. Dari tampilan-tampilan screenshot pada situsnya Anda dapat mengamati bahwa memang Lycoris merupakan distro Linux yang pintar mempercantik diri sehingga dengan menggunakan Lycoris Anda akan merasa bekerja dengan Windows XP. Bahkan OpenOffice yang dipaketkan dengan Lycoris memiliki icon-icon yang cantik dan khas Lycoris. Lycoris memiliki paket-paket yang berbeda, dan paket distro Linuxnya dinamakan Desktop /LX. Lycros memiliki fasiltias IRIS yaitu Internet Rapid Installer for Software untuk mengupdate Linux Anda dengan software-software baru. Hanya saja distro ini tidaklah gratis dan Anda perlu membayar dengan sejumlah “dollar US”.
19.LINDOWS
Lindows masih kalah dibanding Lycoris dalam segi kecantikan tampilan tetapi Lindows telah lebih matang dan telah mencapai versi 4.0. Fasilitas yang menarik dari Lindows adalah Click-n-Run yaitu fasilitas mendapatkan ribuan software Linux yang sudah dikonfigurasi untuk Lindows dengan sekali klik dan proses instalasi ini juga dapat menambahkan shortcut di desktop dan daftar program secara otomatis.Lindows juga merupakan produk komersial.
20.LINARE
Linare memiliki distro Linux khusus desktop dan paket CPU yang sudah terinstall Linare. Linare masih jarang terdengar dan merupakan pendatang baru. Linare juga merupakan produk komersial.
21. SEBAYON LINUX 
Sabayon Linux, merupakan salah satu turunan Gentoo.Gentoo merupakan sebuah sistem operasi bebas berbasis source (Linux maupun FreeBSD) dengan metode instalasi kompilasi dan optimasi untuk CPU yang bersangkutan, dengan model kustomisasi semua paket atau hanya paket aplikasi yang dibutuhkan .
22LINUX MINT
Linux Mint adalah sistem operasi berbasis Linux untuk PC.Inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, sehingga aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint. Asal : Irlandia,,Paket : DEB,,Dekstop : Gnome
Release terakhir : Linux Mint 11,,Linux Mint adalah distribusi linux yang berbasis Ubuntu dengan tujuan membuat distribusi linux yang komplit “out-of-the-box”, diantaranya adalah browser plugins, suport multimedia yang lebih lengkap, java dan lain sebagainya. Linux Mint sendiri kompatibel dengan Ubuntu repositoris.

23. VECTOR LINUX

Asal : Canada,,Paket : TLZ,,Desktop : Xfce,,Release terakhir : Vector Linux 6.0
Vector Linux adalah distribusi linux yang kecil dan cepat. Para pembuat Vector linux mempunyai semacam moto : biarkan simpel, kecil dan biarkan para pengguna komputer memutuskan operating system yang mana akan digunakan. Dengan pernyataan tadi boleh dikatakan merupakan distribusi linux kecil/ringan terbaik.

24. POCI

Paket : RPM,,Desktop : KDE,,Release terakhir : 1.7 (Teh),,Pengembang : Tim Pengembang POCI dan KPLI Tegal.Distro Linux POCI berbasis PCLinuxOS ini dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan dasar komputer/laptop pada masyarakat secara umum. Disponsori oleh Kwali, Linux POCI diharapkan menjadi pilihan bagi masyarakat akan sistem operasi terjangkau dan aman yang dilengkapi perangkat lunak yang komplit serta tampilan yang mudah dikenali sehingga mempermudah dalam penggunaannya.

25. NUSANTARA
Paket : RPM,,Desktop : GNOME,,Release terakhir : Nusantara 2010,,Pengembang : Ristek dan YPLI,,Distro Nusantara 3 (Mahakam) merupakan distro desktop bagi pengguna Indonesia. Pengembangan lanjutan distro ini disponsori oleh Kementrian Riset dan Teknologi Republik Indonesia dan dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI). Meskipun disponsori oleh pemerintah, namun distro ini diharapkan dapat tumbuh dan dikembangkan oleh komunitas.
26. BLANKON
Paket : DEB,,Desktop : GNOME,,Release terakhir : BlankOn 6 (Ombilin),,Pengembang : YPLI dan Komunitas Ubuntu Indonesia Dengan menghadirkan filosofi, kemudahan, dan kehandalan yang ditawarkan Ubuntu Linux sebagai distribusi aslinya, BlankOn Linux dikembangkan secara terbuka dan
bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux khas Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran dan pemerintahan. Distro Linux ini diciptakan sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia.
27. ZENCAFE
Paket : TGZ,,Desktop : XFCE,,Release terakhir : Zencafe 2.2,,Pengembang : Anjar Hardiena,,Distro linux yang diciptakan spesial buat warung internet atau warnet ini berbasiskan Zenwalk. Didesain untuk memenuhi kebutuhan operating system yang legal dan aman untuk warnet, dengan dilengkapi Billing system untuk penghitungan waktu user/pengguna warnet, Autorecovery atau mengunci setting sesuai dengan keinginan pengelola warnet serta kebutuhan untuk browsing, chatting, office dan lain-lainnya.
28. 3D OS
Paket : RPM,,Desktop : KDE,,Pengembang : Sampurna,,3D OS adalah Sistem Operasi kreasi Lokal yang diturunkan dari PCLinuxOS (varian Mandriva) yang dikenal simple dalam penggunaan. 3D OS sendiri hadir dalam berbagai variasi, yaitu untuk pengguna pribadi, untuk warnet linux hingga game centre..
29. Trustix Linux Merdeka
Trustix Linux Merdeka merupakan hasil karya dari programmer Indonesia. Distributor ini dibuat untuk memenuhi keinginan dari masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat TI pada khususnya untuk menggunakan Linux yang berbahasa Indonesia dalam pengoperasiannya. Distributor ini baru dirilis pada tahun 2000 yang lalu sehingga masih belum banyak beredar. Trustix. Linux Merdeka merupakan proyek dari Trustix Linux yang berkantor pusat di Amerika.
30. SIMPLY MEPIS
Perubahan utama sejak RC1 adalah update ke kernel 2.6.36.4 yang mencakup versi percobaan dari driver aufs, yang memungkinkan untuk menjalankan DVD dengan membaca / menulis filesystem. Konfigurasi otomatis x harus bekerja lebih baik dengan kartu nvidia lebih tua.
Konfigurasi fstab otomatis harus menghasilkan entri default yang lebih baik untuk partisi ntfs. Konfigurasi Panel default telah tweak, mudah-mudahan, untuk terakhir kalinya.

31. WIN LINUX
WinLinux ==> distro yang dirancang untuk diinstall dipartisi DOS. Jadi untuk menjalankannya tinggal di-klik dari windows. WinLinux dibuat seakan2 merupakan suatu program aplikasi under windows.
32. IGOS DESKTOP
 IGOS Desktop adalah sebuah sistem PC Desktop yang berintegritas tinggi yang berbasis Linux. IGOS Desktop menawarkan interface kerja yang bisa dipercaya oleh setiap pengguna PC selain daripada MS Windows yang selama ini dikenal.Setelah proses Instalasi yang mudah, pengguna disediakan beraneka ragam Aplikasi Desktop, antara lain: satu paket software Office (IGOS Office) yang komplet, Internet Browser, Email, Kalender, Instant Messaging dan tool-tool untuk multimedia yang berbasis lingkungan sistem operasi kerja Linux.
33.XNUXER
XNUXER merupakan salah satu tokoh di dunia bawah tanah Internet Indonesia. Selepas dari penjara, XNUXER banyak melakukan perjalanan roadshow, ceramah, workshop tentang network security antara lain bersama Michael Sunggiardi, Onno W.Purbo dan praktisi-praktisi komputer lainnya. XNUXER tetap mengoperasikan situs http://www.xnuxer.or.id untuk terus menyebarkan ilmu pengetahuan di bidang network security dan open source sebagai pengganti domain http://infosekuriti.com yang habis masa berlakunya pada saat dia di penjara (2004). XNUXER-pun membuat distro Linux XNUXER (Live-CD dan Installer) meneruskan hobinya membuat linux yang pada tahun 2003 pernah mengeluarkan distro XNUXER versi disket 1.44Mb. Linux XNUXER juga di mirror di VLSM[1].Saat ini XNUXER terus aktif menyemarakan dunia IT Indonesia melalui seminar, roadshow dan workshop. Masih tetap aktif melakukan riset di bidang sekuriti, open source dan teknologi embedded system.

34. NetSecL 3.2 (2011-07-14)
Distribusi khusus NetSecl 3.2 berbasis openSUSE mengemas tools sekuriti untuk pengujian penetrasi telah rilis yang langsung diumumkan oleh pengembangnya Yuriy Stanchev. NetSecL 3.2 yang juga digunakan sebagai desktop menyertakan brand new LXDE yang diklaim memiliki kinerja dramtis lebih baik. NetSecl 3.2 juga mendapatkan banyak perbaikan dan kompatibilitasnya terhdap openSUSE 11.4 ditingkatkan. Kernel grsecurity telah diupdate ke versi Linux 2.6.32.8 dan isu ext4 yang ada ditemukan di grsecurity telah diperbaiki, termasuk masalah booting di VM dengan grsecurity. Hal baru lainnya adalah penyertaan Metasploit, Firefox 5, meng-update Exploit-db repository, dan grsecurity kernel.
35. Linvo GNU/Linux 2010.12.6 (2011-07-14)
Rilis dari distro berbasis Slackware Linvo GNU/Linux 2010.12.6 diumumkan oleh pengembangnya Ivo Georgiev. Live DVD (installable) yang diterbitkan mengemas desktop GNOME 2.32, custom package manager, dukungan codecs multimedia dan banyak fitur ramah pengguna.
36. Aptosid 2011-02 (2011-07-13)
Stefan Lippers-Hollmann telah merilis penerus Sidux distro desktop aptosid 2011-02, yang menggunakan paket software cabang unstable dari Debian dengan lingkungan desktop KDE dan Xfce terkini. aptosid 2011-02 ‘Imera’ memasang kernel 2.6.39 dan KDE 4.6 yang telah distabilkan berasal dari depot sid rilis Debian ‘Squeeze’. Fitur baru kali ini terutama ditekankan pada perbaikan untuk integrasi dan stabilisasi. Kernel 2.6.39 yang dipasang, tidak hanya meningkatkan stabilitas dan mendukung lebih banyak hardware, melinkan juga memperbaiki latensi dan kinerja dari sistem secara keseluruhan. Kecuali  media CD masing-masing untuk 32 dan 64bit dengan desktop XFCE, juga diterbitak media DVD full dengan desktop KDE yang sekaligus mendukung dan menyertakan software untuk  i386 (32bit) dan amd64 (64bit intel kompatibel).
37. Superb Mini Server 1.6.1 (2011-07-12)
Superb Mini Server (SMS), sebuah distro berbasis Slackware Linux khusus untuk server yang kali ini diterbitkan merupakan rilis perbaikan minor. Superb Mini Server version 1.6.1 mengemas kernel Linux kernel 2.6.39.3 dan sejulah paket stabil seperti Perl 5.14.1, MySQL 5.1.58, Postfix 2.8.4, CUPS 1.4.7, httpd 2.2.19, Samba 3.5.9 dan GCC 4.5.3. Di SMS.Native.CD-Extra telah ditambahkan versi trunk dari paket iscsitarget, yaitu sebuah fitur iSCSI target edisi open source, stock SMP kernel (2.6.39.3-smp), dan OpenbravoERP MP0.1 terkini. SMS menyediakan sejumlah panduan (bahasa Inggris) di halaman wikinya berikut tutorial video untuk membantu mengkonfigurasi SMS dalam berbagai situasi. Kecuaki itu tersedia buku PDF yang dijanjikan akan senantiasa diperkini. Media SMS-LiveCD-1.6.1 tersedia untuk 32-bit dan 64-bit prosesor.
38. Pardus Linux 2011.1 (2011-07-12)
Pengembang Pardus Linux Gökçen Eraslan mengumumkan rilis dari versi terbarunya Pardus Linux 2011.1 yang diberi nama kode ‘Dama Dama’. Komponen utama dari rilis ini adalah: KDE Desktop Environment 4.6.5, Linux kernel 2.6.37.6, LibreOffice 3.4.1.3, Mozilla Firefox web browser 5.0, X.Org Server 1.9.5, GIMP 2.6.11, Python 2.7.1, GCC 4.5.3, dan glibc 2.12. Kecuali itu telah dilakukan banyak perbaikan dan melibas semua kutu (bugs). Disamping media instalasi, juga diterbitkan LiveDVD yang semuanya masing-masing tersedia untuk 32-bit dan 64-bit.
39. Pinguy OS 11.04 “Ping-Eee” (2011-07-09)
Antoni Norman mengumumkan rilis edisi spesial dari Pinguy OS, sebuah distribusi berbasis Ubuntu 11.04 yang dirancang untuk dijalankan dengan baik pada netbook khususnya Asus Eee PC, tetapi pada prakteknya distro ini juga bekerja dengan baik pada banyak laptop mini/netbook lainnya. Ping EEE OS dilengkapi dengan software Jupiter (didukung oleh Super Hybrid Engine), yaitu sebuah utiliti yang memungkinkan untuk underclock atau overclock prosesor Intel Atom sehingga dapat memberikan kinerja yang lebih baik atau ketahanan baterai lebih lama. Sofware yang dikemas termasuk Docky, Nautilus Elementary, Firefox, Thunderbird, Skype, LibreOffice, Dropbox, Deluge, Empathy, VLC, Déjà Dup backup tool, Linux Mint Update Manager, WINE dan banyak lainnya. Clementine disertakan untuk menggantikan Rhythmbox. Ping-Eee OS juga dipersenjatai dengan penambahan banyak drivers terutama untuk WiFi agar mudah tersambung dimana-mana.
40. Scientific Linux 5.6 “Live” (2011-07-08)
Menyusul rilis dari Scientific Linux 5.6, pengembangnya Urs Beyerle mengumumkan keberadaan varian sistim operasi yang sama berupa LiveCD 5.6 untuk prosesor 32-bit dan 64-bit yang dapat ditanamkan di hardisk atau dijalankan via USB-drive. Perubahan sesi Live dapat disimpan (stored persistently) di perangkat external dan dapat di-mount via NFS (diskless client). Software utama yang disertakan: Linux kernel 2.6.18, OpenAFS client 1.4.14, X.Org 7.1, ALSA libraries 1.0.17, GNOME 2.16.0 (standard desktop), GIMP 2.2.13, OpenOffice.org 3.1.1, Firefox 3.6.18, Thunderbird 2.0.0.24, KDE 3.5.4 (hanya di modus live DVD).
41. ArtistX 1.1 (2011-07-07)
Marco Ghirlanda, pengembang distro berbasis Ubuntu yang menyertakan software untuk industri kreatif dalam jumlah yang besar, mengumumkan versi baru ArtistX 1.1 sebagai sebuah “multimedia studio on a DVD.” Menggunakan versi terkini Ubuntu 11.04 sebgai basis, live DVD ini dapat menyulap komputer biasa menjadi sebuah sebuah studio untuk full multimedia production. ArtistX 1.1 dibangun menggunakan software Remastersys untuk membuat live DVD dan memasang kernel Linux 2.6.38 Linux kernel, GNOME 2.32 dan KDE 4.6, Compiz Fusion dan sekitar 2.500 software multimedia bebas, nyaris semuanya yang tersedia untuk sistem operasi GNU/Linux dan ditata rapi terorganisir menggunakan menu dari GNOME.
42. Parted Magic 6.3 (2011-07-03)
Rilis distro Live khusus dengan software untuk disk management dan data rescue: Parted Magic 6.3 diumumkan oleh pengembangnya Patrick Verner. Disamping versi untuk i486 (Pentium II), juga tersedia untuk i686 (Pentium III keatas) dan x86_64. Rilis ini sejumlah kekeliruan dan menambahkan Pburn dan Pfilesearch untuk diuji coba (belum dipasang menu, coba run ‘pburn’ langsung dari command line). Tujuan utama dari rilis ini disebutkan adalah penambahan beberapa opsi kernel CPU.
43. Toorox 07.2011 (2011-07-02)
Menyusul rilis dari edisi Toorox “GNOME” tidak lama sebelumnya, kini Jörn Lindau mengumumkan ketersediaan dari rilis dengan varian desktop “KDE”. Toorox 07.2011 merupakan Live DVD berbasis Gentoo Linux yang dibangun menggunakan kernel Linux 2.6.39-gentoo-r1 dan memasang desktop KDE versi 4.6.4. Edisi ini juga mengintegrasikan IceCat 5.0 dan mengupdate nyaris semua paket aplikasi termasuk GCC 4.5.2, X.Org Server 1.10.2, VLC 1.1.10, LibreOffice 3.4.0, dan Audacious 2.5.3. Media yang diterbitkan mendukung baik arsitektur 32 maupun 63 bit.
44. AriOS 3.0 (2011-07-02)
Pengembang distro baru Mahdi Fattahi megumumkan rilis dari karyanya AriOS 3.0, yaitu sebuah distribusi Linux berbasis Ubuntu, namun dengan tampilan dan tata cara pemakaian yang unik disamping penyertaan banyak software. Rilis final AriOS 3.0 menggunakan versi dari Ubuntu 11.04 Natty Narwhal. Fokus dari penerbitan versi ini adalah menyediakan set dari program yang tampilannya telah disempurnakan dan disesuikan dengan AriOS. Perubahan terpenting yang dilakukan pada versi ini termasuk: Unity telah disingkirkan karena belum menyediakan fitur kustomisasi. Downgrade untuk Compiz ke versi 0.8.6 untuk menghindari masalah yang dilaporkan di Ubuntu 11.04. Tersedia tiga pilihan sesi pada saat login yaitu: AriOS, AriOS-2D dan GNOME Classic. Distro asal Iran ini menerbitkan media DVD AriOS 3.0 versi Internasional dengan pilihan bahasa Inggris.
45. Fusion Linux 14.1 (2011-07-02)
Valent Turkovic mengumumkan rilis distro “Fedora remix done right“: Fusion Linux 14.1 dengan nama kode ‘Thorium’. Rilis merupakan rilis perbaikan disamping menerapkan beberapa perubahan seperti memasang LibreOffice menggantikan OpenOffice.org. Features baru termasuk: download managers baru Tucan dan Uget; Remmina sebagai aplikasi baru untuk remote desktop; theme baru untuk desktop; dukungan multimedia agar langsung bisa bunyi out of the box.
46. Android-x86 2.2-r2 “Froyo-x86″ (2011-07-01)
Proyek Android-x86, yaitu sebuah proyek yang menyediakan implementasi sistem operasi Android untuk dijalankan di perangkat dengan arsitektur PC intel x86 (32bit) mengumumkan rilis stabil versi 2.2-r2 dengan menerbitkan satu set media yang dioptimalkan untuk beragam Netbook yang beredar di pasaran. Rilis ini merupakan update dari edisi Android-x86 2.2 yang Android 2.2.2 (Froyo) sebagai basis. Fitur utama dari Android-x86 2.2-r2 termasuk: Update pada kernel ke versi Linux 2.6.38 berikut lebih banyak drivers dan perbaikan (bug fixes). OpenGL hardware acceleration mendapat banyak perbaikan. Kinerja ditingkatkan sampai dengan 4 kali lipat lebih cepat. OpenGL ES2 kini diaktifkan. Dukungan (experimental) untuk kartu grafis dan chipset menggunakan ATI radeon ditambahkan. Ditambahkan dukungan untuk empat jenis komputer Netbook (tegav2, s103t, tx2500 dan motion_m1400). Dukungan untuk multi-touch screen.
readmore>>

47. Calculate Linux 11.6 (2011-06-30)
Pimpro Calculate Linux Alexander Tratsevskiy telah mengumumkan rilis dari versi Calculate Linux 11.6 sebagai sebuah distro berbasis Gentoo Linux pada hari terakhir bulan Juni 2011. Perubahan utama disebutkan adanya penambahan dukungan untuk pilihan network manager antara OpenRC dan NetworkManager dan penambahan dukungan untuk konfigurasi jaringan di konsol installer. Agar dukungan terhadap perangkat dan kecepatan booting, maka udev telah diintegrasikan di initramfs dari liveCD. GRUB 2 kini merupakan bootloader default. Penambahan lainnya adalah sistem deteksi dari sistem operasi yang diinstalasi, kemudian ditambahkan screen splash auto-resolution, menu pilihan untuk video driver yang juag mendukung nouveau dan driver proprietari ATI, dan free video driver berikut dukungan untuk KMS digunakan secara default.
48. Netrunner 3.2 (2011-06-29)
Peluncuran distro berbasis Kubuntu Netrunner 3.2 diumumkan langsung menjelang akhir bulan Juni oleh pengembangnya Clemens Toennies. Perubahan-perubahan yang terjadi sejak rilis sebelumnya adalah penyertaan suit LibreOffice (office suite) 3.3.2 sebagai pengganti OpenOffice.org; penambahan pemutar musik Clementine (music player); juga ditambahkan Deluge (torrent client), Dropbox (termasuk Kfilebox untuk Dolphin), Skype (VoIP), GNOME NetworkManager menggantikan KNetworkManager. Yang ditingkatkan termasuk KDE desktop ke versi 4.6.2, Firefox browser ke versi 5.0, Flash plugin ke versi 10.3.181.26, Thunderbird (klien email termasuk Lightning calendar) ke versi 3.1.10, VLC (media player) ke versi 1.1.10, Wine (Windows environment layer) ke versi 1.3.22, Pidgin (messenger client) ke versi 2.7.11, dan GIMP (graphic program) ke versi 2.6.11.
49. Untangle Gateway 9.0 (2011-06-28)
Pengembang Dirk Morris telah mengumumkan keberadaan dari rilis Untangle Gateway 9.0, sebagai peningkatan dari sebuah distribusi berbasis Debian GNU/Linux khusus untuk gateways, firewalls dan routers. Versi terakhir ini telah menyertakan sebuah aplikasi baru yang menjamin integrasi secara seamless dengan Untangle lainya atau firewalls via IPsec besutan pihak ketiga, seperti juga peningkatan fitur dan perbaikan sistem. Modul IPsec yang mudah dikonfigurasi milik Untangle telah diuji coba dengan aneka platform termasuk Cisco, Sonicwall, dan Astaro. Fitur kunci kali ini termasuk dukungan orovides untuk protokol encryption yang umum; no per-tunnel licensing; seamless integration dengan jaringan IPsec VPN eksisting; dukungan full mesh tunnel, dan lainnya. " Read the rest of the release announcement for more details. Untangle 9.0 tersedia untuk komputer 32-bit dan 64-bit.
50. Vinux 3.2 (2011-06-28)
Tony Sales mengumumkan rilis dari Vinux 3.2, sebuah distribusi berbasis Ubuntu yang khusus dibuat dan dioptimalkan untuk kebutuhan pengguna tuna netra (blind and visually impaired users). Rilis Vinux 3.2 menggunakan Ubuntu 11.04 sebagai basis, menyertakan rilis terbaik dari paket khusus Orca (3.1.2) dan Speech-Dispatcher (0.8). Versi DVD menyertakan tambahan termasuk LibreOffice dan sejumlah non-free multimedia codecs. Sebagi desktop default digunakan Classic GNOME 2.x, namun Unity tersedia diakses melaui layar login GDM login dan bisa digunakan bila video card mendukung 3D. Rilis ini juga menyertakan paket aplikasi Pico TTS voices disamping Espeak. Media yang diterbitkan masing-masin mendukung arsitektur 32 dan 64-bit.
51. 4MLinux All-in-One-Edition 2.2 (2011-06-26)
Zbigniew Konojacki, pengembang distro minimalis telah mengumumkan rilis dari versi 4M-Linux 2.2. Edisi 4MLinux All-in-One-Edition 2.2 dibuat untuk memenuhi 4 tugas "4M" yaitu Maintenance (system rescue Live CD), dan Multimedia (e.g., playing video DVDs),  Miniserver (using the inetd daemon), Mystery (console games) yang semuanya muat di media ukuran saku. Fitur utama minimasil ini termasuk Kernel Linux 2.6.34.8, Glibc 2.11.1 dam GCC 4.4.4. Semua aplikasi dikompail untuk 32 bit menggunakan Slackware berikut sistem x86-SMP.
52.Opensource-DVD24.0 (2011-06-23)
Opensource-DVD adalah koleksi dari software-software aplikasi open source yang dikemas dalam DVD dan mendukung lintas platform termasuk Linux, Windows dan Mac OS X. Koleksi yang dikompilasi komunitas diterbitkan secara berkala. Rilis OpensourceDVD ke 24 ini meningkatkan ekitar 103 program sejak penerbitan Opensource-DVD 23.0 sementara 2 program disebut telah disingkirkan karena tidak lagi dikembangkan dan ditukar dengan penggantinya. Secra keseluruhan, DVD yang baru dirilis ini mengandung 465 Program. Yang baru disini adalah LibreOffice 3.4.0, tanpa menyingkiran OpenOffice.org 3.3.0. Juga browser terbaru Firefox 5 merupakan bagian dari koleksi yang ditwarkan OpensourceDVD 24.0. Media yang diterbitkan menyediakan fungsi "search" untuk mencari paket yang diinginkan dan kemungkinan untuk menginstalasi langsung dari DVD. Semua program yang disertakan mendapatkan penilaian dengan skala 1-5.
53.Porteus1.0(2011-06-23)
Porteus 1.0, merupakan rilis final perdana untuk distribusi ringan yang diklaim menjadi penerus dari proyek Slax berbasis Slackware yang cukup lama bungkam. Edisi 32-bit yang diterbitkan datang membawa Trinity KDE 3.5.12, sementara varian edisi 64-bit mengemas KDE 4.6.4 (kedua edisi juga melampirkan LXDE sebagai desktop alternatif). Porteus version 1.0 yang disebut sebagai distro portable yang lightweight, hard-hitting dan lightning-fast ini telah mendapatkan perbaikan didapur pacunya, walaupun masih berpenampilan seperti versi Porteus v09 sebelumnya. Perubahan termasuk upgrade dari sistem kompresi LZMA ke LZMA2 yang membantu mendongkrak kecepatan booting, kernel Linux 2.6.38.8; userland menggunaka Slackware 13.37; diperhalus linuxrc; pengenalan Porteus package manager, dan beberapa lainnya.
54. OpenNode 1.1 (2011-06-22)
Proyek OpenNode menerbitkan distro Linux yang dijadikan sebagai basis untuk sebuah solusi virtualisasi. OpenNode 1.1 menggunakan Centos 5.6 sebagai basis dan menyertakan kernel terbaru besutan Red Hat 5 yang telah di-patch dengan OpenVZ. Sebagai perkakas (tools) terkini disertakan paket software Vzctl 3.0.27 dan Vzdump 1.2. Installer diklaim bisa melakukan partisi otomatis pada hardisk ukuran kecil minimal 25 GByte keatas. Untuk pertama kalinya disokong oleh program command line dari OpenNode, format  Open Virtualization Format (OVF) untuk OpenVZ dan KVM. Template OpenVZ dalam format baru siap pakai ditawarkan untuk Fedora 14 seperti juga untuk Opensuse 11.2,11.3 dan 11.4. Disamping Linux sebagai landasan untuk Host, proyek OpenNode juga menyediakan yang cocok untuk Management-Server dan Management-Konsole.
55. Greenie Linux 9N (2011-06-17)
Rilis Greenie Linux 9N terbaru diumumkan pengembangnya Stanislav Hoferek, sebagai sebuah distro yang ramah untuk pemula dan dukungan untuk bahasa Slovak dan Czech. Greenie Linux 9N dibuat menggunakan Ubuntu 11.04 sebagi basis, memanfaatkan versi desktop classic dan solid GNOME 2.32.1 ketimbang GNOME 3 atau Unity. Sejumlah aplikasi baru juga ditambahkan seperti FBReader, gToDo, Adobe Reader, Audacity, disamping Firefox dan software lainnya, juga tampilan baru dengan artwork yang lebih gelap. Melalui dialoh Run dimungkinkan dengan mudah menjalankan situs popular seperti Facebook, Twitter, Pastebin, YouTube, etc. Greenie Linux 9N tersedia untuk 32-bit dan versi 64-bit segera disusulkan.
55. DoudouLinux 1.0 (2011-06-17)
DoudouLinux adalah distro berbasis Debian GNU/Linux yang ditargetkan untuk anak-anak mulai dari 2 sampai 12 tahun, dibuat dengan tujuan menyederhanakan cara penggunaan komputer agar menyenangkan bagi anak-anak. Rilis final perdana 1.0, dengan nama kode "Gondwana", kini telah ready, setelah dikembangkan selama satu tahun. DoudouLinux menyediakan sepuluh aplikasi yang dibuat khusus sesuai dengan kebutuhan anak-anak seperti sebuah konsol game. Anak-nak diharapkan bisa belajar dan menemukan hal baru, tanpa perlu pengawasan orang tuanya.
56. Tiny Core Linux 3.7 (2011-06-16)
Pengembang distro terkecil Tiny Core Linux, Robert Shingledecker mengumumkan rilis dari versi Tiny Core Linux 3.7, sebagai sebuah desktop minimalis sebesar 10 MB, namun bisa diperluas. Perbaikan yang telah dilakukan untuk versi ini adalah: multicore.iso yang baru untuk dua jenis Tiny Core dan Micro Core edisi dengan tool instalasi dan tool jaringan; ditambahkan kernel module baru untuk NTFS, yang memungkinkan membaca dan menulis di partisi NTFS; GUI loadpack baru bila diperlukan, Starter Pack setelah booting; di-update rebuildfstab dan kini mendukung NTFS-3G untuk ekstensi NTFS-3G, memungkinkan akses read-write; di-update cpanel sebagai tindak lanjut dari perubahan di base; di-update fungsi tc agar bisa menghendel TCVD virtual disk lebih baik; di-update network GUI untuk merekam udhcpc PID untuk mendukung layanan yang memerlukan DHCP. Tersedia media: tinycore_3.7.iso (10.3MB) dan CD "mulitcore" CD image dengan sistem installer grafis  sebgai multicore_3.7.iso (45.5MB).
57. Fuduntu 14.10 (2011-06-18)
Distro Fuduntu mendapatkan update lagi dan ketersediaan rilis Fuduntu 14.10 berbasis Fedora telah diumumkan Andrew Wyatt. Rilis kali ini menruskan sebuah tradisi dan setapak lebih maju dalam penyertaan perbaikan terpenting terhadap rilis sebelumnya. Versi ini menyertakan kernel Linux 2.6.39.1, Adobe Flash 10.3, Chromium 12, Shotwell 0.10.1; ext4 merupakan sistem berkas default di proses instalasi; dukungan untuk driver proprietari dari NVIDIA (akmod-nvidia) dan ATI (akmod-catalyst); tersedia sebuah tool untuk membantu penyederhanaan kustomisasi instalasi; disegarkan tampilan dengan theme baru, diluruskan sejumbah kekeliruan dalam "look and feel"; pilihan background baru; tweaks baru untuk meningkatkan Flash playback; melibas banyak kecoa (bug fixes); dan melakukan semua patch yang tersedia. Media yang diterbitkan Fuduntu-14.10-i386-LiveDVD (32-bit), dan Fuduntu-14.10-x86_64-LiveDVD.iso (64-bit).
58. Zenwalk Linux 7.0 (2011-03-25)
Jean-Philippe Guillemin mengumumkan rilis versi Zenwalk Linux 7.0, sebuah distro desktop berlandasan Slackware dan versi desktop Xfce 4.8. Seperti pada rilis sebelumnya, Zenwalk Linux 7.0 tetap berorientasi untuk desktop, Internet dan multimedia. Zenwalk 7.0 merupakan tahapan penting dalam evolusi perkembangan distribusi ini yang menerapkan beberapa perubahan baik di level sistem maupun level pengguna. Di level pengguna dilakukan peningkatan pada lingkungan desktop XFCE ke versi 4.8.1 yang membawa fitur baru VFS, memungkinkan untuk CIFS dan SFTP berbagi 'browsing' melalui 'file manager' serupa dengan fitur yang digunakan GNOME, namun diklaim jauh lebih cepat. Panel baru yang dipasang mendukung fitur transparansi dipaket berikut banyak plugins dan berfungsi 'out of the box'. Kecuali itu Zenwalk telah mengganti paket perkantoran OpenOffice.org dengan paket kompatibel yang sama dari LibreOffice.Beberapa hari setelah versi standar menggunakan XFCE diluncurkan, pengembang  Markus Muttilainen terkait telah merilis edisi Zenwalk Linux 7.0 "Openbox" (2011-03-29) yang memanfaatkan lingkungan desktop Openbox yang ringan. Pengembangan rilis ini dipusatkan untuk mendukung pengguna pemula dengan menyediakan desktop terpadu dan 'easy-to-use Openbox' versi stabil terkini berikut tampilan artwork baru. Paket software utama yang disertakan termasuk kernel Linux 2.6.37.4, glibc 2.13, Mozilla Firefox 4.0, Mozilla Thunderbird 3.1.9, Gnumeric 1.10.12 dan AbiWord 2.8.6. "Tweak it till you geek it. Have fun!
59. RIPLinuX 11.8 (2011-03-28)
Recovery Is Possible (RIP) adalah distribusi berbasis Slackware yang ditargetkan untuk digunakan sebagai sistem  boot/rescue/backup/maintenance. RIPLinux mendukung banyak sekali jenis sistem berkas termasuk 'filesystems' seperti Reiserfs, Reiser4, ext2/3, iso9660, UDF, XFS, JFS, UFS, HPFS, HFS, MINIX, MS DOS, NTFS, dan VFAT disamping menyertakan sejumlah perkakas untuk 'system recovery'. RIPLinux mendukung sistem penyimpanan IDE/SCSI/SATA, PCMCIA, RAID, LVM2, dan sistem jaringan Ethernet, DSL, cable, PPP dan PPPOE.
60. Clonezilla Live 1.2.8-23 (2011-03-29)
Steven Shiau mengumumkan rilis dari distribusi Clonezilla Live 1.2.8-23, sebuah versi baru dari LiveDistro khusus untuk 'disk cloning'.  Rilis stabil Clonezilla Live 1.2.8-23 menyertakan peningkatan, perubahan dan perbaikan dan mengupgrade basis sistem operasi Debian 'Sid' yang digunakan ke status per tanggal 2011-03-28, mengupdate kernel ke Linux 2.6.38, Partclone di-update ke versi 0.2.22; Live-boot di-update menjadi versi 2.0.15, disamping mengaktualisasi 'language files' serta menambahkan paket-paket aplikasi baru seperti - disktype, ufsutils; kemudian meng-update Memtest86+ ke versi 4.20. Juga ditambahkan adalah mekanisme untuk men-check apakah image yang disimpan bisa dipulihkan (restorable) dan mekanisme yang lebih baik untuk menangani multiple slices di sistem BSD. Media Clonezilla Live 1.2.8-23 (stable) ukuran saku tersedia baik untuk 32 maupun 64 bit.
61.GPartedLive0.8.0-5(2011-03-24)
GParted LiveCD adalah distro utiliti berbasis Debian Linux yang utamanya didisain untuk membuat partisi di hardisk berikut beberapa perkakas penyelamat (rescue) lainnya. Pengembang Steven Shiau mengumumkan rilis versi GParted Live 0.8.0-5 yang membawa sejumlah pembaruan seperti: kernel Linux 2.6.38, penambahan paket OpenSSH dan lainnya.
62.TrisquelGNU/Linux4.5Slaine(2011-03-24)
Trisquel GNU/Linux adalah distro yang sepenuhnya mengandung software bebas sebagaimana disyaratkan FSF (Free Software Foundation) . Pimpro proyek ini, Rubén Rodríguez telah
mengumumkan rilis versi Trisquel GNU/Linux 4.5, sebuah desktop yang memanfaatkan Ubuntu sebagai basis pengembangannya. Rilis ini membawa banyak perbaikan dan pembaruan yang antara lain telah mempermudah melakukan peningkatan menggunakan paket software dari induknya (Debian). Slaine juga datang membawa boot manager baru untuk live image, dan beberapa program baru seperti  klien remote desktop Remmina, klien jejaring sosial Gwibber atau perkakas backup Deja-dup. 'Slaine' menggunakan Ubuntu 10.10 sebagai basis, menyertakan paket utama seperti kernel Linux-libre 2.6.35, X.Org 7.5, GNOME 2.32, Mozilla browser 3.6.15 dan OpenOffice.org 3.2.
63. Macpup 520 (2011-03-21)
Macpup adalah distro ringan dengan desktop Enlightenment 17 dan menggunakan Puppy Linuxsebagai basis. Salah satu pengembangnya Johnny Lee telah mengumumkan rilis dari versi Macpup 520. Macpup 520 adalah berbasis versi Puppy Linux 5.2 'Lucid', sekaligus kompatibel dilevel binari dengan paket software untuk Ubuntu 'Lucid Lynx'. Macpup 520 menyertakan semua aplikasi asal Lucid Puppy, dan menambahkan Firefox 4.0rc1. Aplikasi selebihnya seperti Opera atau GIMP disediakan dan dapat diunduh atau dipasang dengan mudah menggunakan perkakas Quickpet yang ada di iBar atau menggunakan Puppy package manager.
64. Saline OS 1.3 (2011-03-20)
Saline OS adalah distribusi berbasis Debian GNU/Linux menggunakan desktop Xfce secara default. Pengembangnya Anthony Nordquist mengumumkan rilis dari versi Saline OS 1.3. Sejak rilis SalineOS 1.3 dimungkinkan untuk mengganti bahasa dan tipe keyboard saat instalasi berlangsung dan manual yang disediakan tidak hanya dalam bahasa Spanyol. Perubahan termasuk fitur baru dapat disimak di 'release announcement.
65. SuperGamer Supreme 2.5 (2011-03-15)
SuperGamer adalah distribusi Linux khusus untuk bermain Games spuasnya, merupakan distro games pertama dalam format Dual-Layer LiveDVD [8 GByte]. Darin VanCoevering, pimpro dari Proyek SuperGamer mengumumkan peluncuran edisi SuperGamer Supreme 2.5, merupakan lanjutan dan update dari versi Supreme SuperGamer 2. Rilis ini tepatnya mengandung 7.9 GB konten games dan bisa dijalankan langsung dari DVD drive yang umumnya telah mampu menjalankan dual-layer DVD atau bisa juga dari 16 GB Flash drives. Distro ini juga mengemas paket-paket software seperti: Firefox 4 beta; Flash 10.2; VLC yang telah di-update. SuperGamer Supreme 2.4 memasang kernel Linux 2.6.27.57 yang telah mendukung wireless; paket NDISwrapper ter-update dan telah ditambahkan modul Intel wireless. Untuk aplikasi game juga telah ditambahkan dengan game IconquerU berikut driver untuk kartu grafis NVIDIA dan ATI.
66. UTUTO 2011 (2011-03-15)
UTUTO adalah distribusi berbasis Gentoo Linux asal Argentina yang menawarkan pilihan empat lingkungan desktop (GNOME, KDE, LXDE dan Xfce) sekaligus. Pengembangnya Daniel Olivera mengumumkan rilis versi UTUTO 2011 yang datang dengan banyak perbaikan termasuk: sebuah "super kernel" Linux berikut ratusan patch dan modul-modul ekstra dan sistem 'super-fast boot'; dukungan untuk instalasi baik via DVD maupun USB menggunakan 'installable live system'; memperluas dukungan untuk hardware; menyediakan sistem konfigurasi pintar 'intelligent system auto-configuration'; perbaikan pada kartu jaringan yang menjamin selalu tersabung ke jaringan Ethernet, 3G, Bluetooth dan koneksi nirkabel (wireless); telah mengintegrasikan dukungan untuk pengembangan Java dengan OpenJDK; menyediakan virtualisasi berikut akselerasi video terintegrasi dengan desktop; secara default telah terpasang desktop 3D tanpa perlu 'hardware acceleration.
67. Salix OS 13.37 "Fluxbox" (2011-06-15)
Salix OS adalah sebuah distribusi ringan berbasis Slackware. Pengembangnya George Vlahavas merilis Salix OS 13.37 edisi "Fluxbox" yang tersedia baik untuk arsitektur 32 bit (salix-fluxbox-13.37.iso) maupun 64 bit (salix64-fluxbox-13.37.iso). Bagi yang telah menggunakan 13.1 edisi Fluxbox, seharusnya tidak asing lagi dengan edisi yang sama. Rilis baru datang membawa versi kernel Linux 2.6.37.6, Fluxbox 1.3.1, Firefox 4.0.1 dan Claws-mail 3.7.8. LibreOffice 3.3.2 juga disertakan by default dalam konfigurasi penuh menggantikan OpenOffice.org. Paket lokalisasi mencakup ratusan bahasa dunia tersedia dan dapat diunduh menggunakan sarana "package management tools." Kecuali itu, aplikasi Exaile 0.3.2 merupakan music player utama dan Whaaw Media Player 0.2.14 dijadikan sebagai default movie player.
68. AV Linux 5.0 (updated 2011-06-15)
AV Linux adalah sebuah distribusi berbasis Debian GNU/Linux dengan koleksi software khusus untuk memproduksi audio dan video.  AV Linux versi 5.0 telah rilis dan diumumkan langsung oleh pengembangnya Glen MacArthur. Rilis ini menggunakan LXDE sebagai desktop telah dikembangkan selama 5 bulan menyusul versi 4.2 sebelumnya. AV Linux 5.0 diracik dengan paket dipilih secara seksama dan merupakan terbitan yang rock-solid dibangun diatas versi stabil distro Debian yang handal untuk dijadikan sebagai alat yang state-of-the-art untuk pembuatan konten-konten multimedia. Perbaikan fitur termasuk kernel Linux 2.6.39.1 dengan IRQ threading dan rtirq-init yang diaktifkan; paket desktop dengan fitur penuh menyertakan antara lain LibreOffice 3.4; RTC (Real-Time Clock) permissions di set by default pada live DVD; drivr untuk FFADO SVN Firewire dengan daisy-chaining pada Juju stack yang baru. Media yang dirilis berupa live DVD dan telah diupdate ulang (avlinux5-20110615-lxde-i386-en.iso).
69. Ubuntu 11.04 Repository (2011-06-14)
Setelah "dimatangkan" selama hampir satu bulan di server Kambing, saatnya tiba untuk pelepasan Repositori Ubuntu 11.04 kualitas premium agar dapat dikonsumsi masyarakat luas. Seperti pada terbitan sebelumnya, kali ini juga tersedia media Repositori baik untuk arsitektur 32 bit (8 keping DVD) maupun 64 bit (9 keping DVD) dengan total volume unduh melampaui 65 GigaBytes.
70. IPFire 2.9 Core 49 (2011-06-13)
Sebuah Firewall berbasis Linux IPFire 2.9 Core 49 telah rilis dan diumumkan atas nama tim pengembangnya oleh Arne Fitzenreiter. IPFire 2.9 Core 49 merupakan rilis penyempurnaan yang meluruskan sejumlah kekeliruan dan beberapa peningkatan fitur. Perubahan di rilis ini termasuk: QoS - sip ditukar dengan rtp untuk VoIP; Apache - tuning untuk servers cadangan sampai dengan 10; ditambahkan 'charon' ke IPSec log section; diperbaiki informasi ID pada konfigurasi IPSec; backup.cgi - ditambahkan panjang untuk konten untuk menampilkan file status bar; ditambahkan CGI untuk menampilkan md-state dan lainnya yang selengkapnya di catatan rilis. Media yang diterbitkan ipfire-2.9.i586-full-core49.iso dalam ukuran saku (pocket CD).
71. Chakra GNU/Linux 2011.04-r1 (2011-06-13)
Phil Miller mengumumkan rilis distribusi versi Chakra GNU/Linux 2011.04-r1 yang merupakan respin baru "Aida" dari desktop berbasis Arch Linux. Sejak rilis Chakra 2011.04,  banyak perbaikan paket-paket aplikasi yang diterbitkan termasuk KDE ke versi 4.6.4, peningkatan pada kemampuan mendeteksi hardware dan penambahan drivers terkini. Rilis ini merupakan kali pertama menggunakan chakra-live untuk membuat image media. Media yang diterbitkan tersedia untuk 32bit (chakra-2011.04-r1-i686.iso), dan 64bit (chakra-2011.04-r1-x86_64.iso).
72. Imagineos 20110605 (2011-06-12)
Imagineos adalah distribusi berbasis Slackware penjelmaan dari distro GoblinX. Pengembangnya Flavio Pereira de Oliveira mengumumkan ketersediaan rilis versi Imagineos 20110605. Live CD ini dibuat menggunakan linux-live scripts berikut beberapa modifikasi pada desktop versi KDE 4.5.5 dan dibangun diatas versi Slackware 13.37 menambahkan lebih banyak aplikasi dan fitur. Komponen-komponen sistem yang ditingkatkan termasuk Zen kernel 2.6.38.4, Squashfs 4.2, Aufs 20110502, GCC 4.5.3, Binutils 2.21.51.0.6, dan glibc 2.13. Perubah dilakukan seperti: system di-upgrad; bootsplash digunakan sebagai splash manager; Plymouth dicopot; disertakan AbiWord sebagai aplikasi perkantoran dan beberapa fitur lainnya.
73. SystemRescueCd 2.2.0 (2011-06-05)
Sebuah rilis baru dari SystemRescueCd berbasis Gentoo live CD dan menyertakan koleksi perkakas untuk penyelamatan data dan pengelolaan hardisk, telah diumumkan langsung oleh pengembang utamanya François Dupoux. Komponen-komponen yang diupdate dalam rilis ini termasuk: standard kernel ke versi Linux 2.6.38.8 (rescuecd + rescue64); juga di-update adalah kernel alternatif ke Linux 2.6.39.1 (altker32 + altker64); di-update 'Offline NT Password & Registry Editor' ('ntpasswd' boot entry); di-update NTFS-3G ke versi 2011.4.12 (driver yang memungkinkan akses read-write untuk NTFS); di-update Python from 2.6 ke 2.7; di-update Gentoo Portage ke versi 2.1.9; di-update GParted ke versi 0.8.1; di-update Samba ke versi 3.4.12; di-update Perl ke versi 5.12.3; dan penambahan xfce4-session package.
74. Legacy OS 2 (2011-06-02)
Pengembang Legacy OS, John Van Gaans mengumumkan rilis dari versi Legacy OS 2, merupakan sebuah distribusi Linux berbasis Puppy Linux yang ditargetkan untuk komputer usang dari jaman baheula. Rilis yang dikembangkan selama 9 bulan ini membawa perbaikan untuk semua aspek terutama untuk meningkatkan penampilannya. Legacy OS 2 menyediakan masing-masing satu theme untuk window manager (IceWM), satu untuk IceWM, GTK+ dan KDE theme, dengan tujuan penyederhanaan (as simple as possible) dan agar tidak membingungkan pengguna.
75. Mageia 1 (2011-06-01)
versi 1 dari Mageia, sebuah distribusi Linux yang dibangun dan dipelihara oleh sekelompok mantan pengembang dan kontributor Mandriva Linux yang untuk kali pertama diluncurkan awal bulan Juni 2011. Pengembangan Mageia dimulai sejak bulan September 2010 sebagai fork dari Mandriva Linux. Proyek ini disokong oleh sebuah organisasi nirlaba, dikelola oleh badan yang diakui dan oleh kontributor terpilih, terdiri dari 100+ pendukung tersebar di seluruh dunia. Mageia 1 dibangun diatas dan kompatibel dengan Mandriva 2010.2 menyediakan media instalasi DVD baik untuk arsitektur 32 maupun 64bit dan LiveCD dengan desktop KDE maupun GNOME.
76. Oracle Linux 6.1 (2011-06-01)
Oracle Corporation umumkan rilis dari distribusi kelas enterprise turunan Red Hat, Oracle Linux 6.1, yang dibangun menggunakan kode sumber asal Red Hat Enterprise Linux 6.1, tersedia baik untuk arsitektur x86 (32-bit) dan x86_64 (64-bit). Oracle Linux 6.1 menyertakan sebanyak dua set kernel, terdiri dari Unbreakable Enterprise kernel yang dibooting secara default, dan kernel kompatibel dengan RHEL yang keduanya dipasang secara default. Kernel Unbreakable Enterprise yang dipasang telah ditingkatkan untuk drivers seperti tg3 ke versi 3.113; bnx2 driver dan firmware ke versi 2.1.6. Disamping itu ditambahkan dukungan untuk bnx2fc (versi 1.0.2).
77. Peppermint OS Two (2011-06-10)
Kendall Weaver mengumumkan rilis dari Peppermint OS Two, sebuah distro ringan berbasis Lubuntu dengan Openbox window manager. Edisi ini menggunakan versi Lubuntu 11.04 sebagai landasan dan menyertakan sejumlah fitur-fitur baru. Untuk kali pertama pengembangnya menyediakan versi mendukung arsitektur 64 bit. Browser utama yang digunakan adalah Chromium sebagai default web browser, fitur lain adalah penambahan fungsinalitas pada aplikasi Ice SSB dan beberapa fitur lainnya, seperti integrasi Dropbox dan penambahan Guayadeque music player.
78. Foresight Linux 2.5.0 (2011-03-28)
Rilis Foresight Linux 2.5.0 diumumkan Og Maciel, pengembang distribusi ini yang dibangun menggunakan rPath sebagai basis. rPath adalah distribusi dengan rilis-jalan (rolling-release) dengan fitur pengelola paket bernama Conary.  Foresight Linux 2.5.0 menyertakan tiga jenis desktop utama GNOME 2.32.1, KDE 4.6.1 dan Xfce 4.8 disamping set software aplikasi yang up-to-date termasuk kernel Linux 2.6.35.11; browser Chromium dan Firefox, Banshee, F-Spot, OpenShot, Hotot, Pidgin, Gimp dan banyak lainnya.
79. MeeGo 1.2 (2011-05-20)
Imad Sousou mengumumkan rilis dari MeeGo 1.2, sebuah distribusi Linux yang dijahit untuk beragam perangkat mobile yang menggunakan prosesor Intel Atom dan ARMv7. Sistem operasi MeeGo 1.2 Core menyediakan set yang lengkap untuk memberdayakan teknologi komputasi mobile. Diantara fitur utama yang dimilikinya, termasuk: Framework aplikasi QML dan extended Qt-Mobility APIs, termasuk kemampuan tambahan location, system, connectivity, dan sensor/haptic; peningkatan kemampuan telephony dan connectivity, termasuk juga dukungan jaringan GSM, GPRS, dan HSPA+. Rilis ini termasuk set lengkap aplikasi core untuk netbook: Netbook UX 1.2; in-vehicle infotainment (IVI) UX; dan tablet developer preview.
80. Bodhi Linux 1.1.0 (2011-05-27)
Jeff Hoogland telah mengumumkan rilis Bodhi Linux 1.1.0, merupakan versi update untuk distro berbasis Ubuntu dengan desktop Enlightenment yang dikustomisasi dan membawa kernel terbaru versi Linux 2.6.39.  Live CD yang diterbitkan mengemas sejumlah paket-paket software yang telah ditingkatkan seperti: Linux kernel 2.6.39, Enlightenment SVN build from 2011-05-23; Intel 2.15 drivers, Midori 0.3.6. Bodhi juga mengupdate dengan paket-paket terkini seperti Firefox 4.0.1, Chromium Browser 11 dan NVIDIA driver 270.41.
81. Grml 2011.05 (2011-05-30)
Michael Prokop telah mengumumkan ketersediaan Grml 2011.05, yaitu sistem live berbasis Debian yang menyertakan koleksi software khususnya untuk administrator sistem (sysadmin). Grml 2011.05 yang baru rampung ini diberi nama kode 'Just Mari' tersedia dalam edisi grml, grml-medium dan grml-small masing-masing dengan arsitektur 32 dan 64-bit. Fitur baru dari Just Mari: kernel baru Linux berbasis versi 2.6.38.7; initramfs telah dikompres menggunakan XZ (lebih kecil); diperkenalkan /run. Perubahan terpenting termasuk: iPXE telah diganti dengan gPXE; dan banyak lainnya.
82. Super OS 11.04 (2011-05-30)
Hacktolive mengumumkan rilis distribusi Super OS 11.04 (dahulu disebut Super Ubuntu). Super OS 11.04 merupakan sistem operasi berlandasan Ubuntu 11.04 yang telah diampuhkan dengan berbagai drivers, codec dan paket aplikasi non-free agar langsung dapat digunakan dan diinstalasi tanpa sambungan internet. Super OS 11.04 menyertakan aplikasi ekstra, patches, utilities dan aneka paket berguna yang diperlukan kebanyakan pengguna yang tidak disertakan di edisi resmi standar (instalasi default) dari Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal). Super OS mengemas web browsers Google Chrome dan Opera, aMSN instant messenger, VLC Media Player yang mendukung DVD playback, sebuah Live USB creator, dan banyak lainnya. Super OS juga menyertakan RUNZ dan App Runner utilities yang dikembangkan oleh Hacktolive.org untuk mendukung aplikasi portable. Media yang diterbitkan berupa LiveDVD tersedia baik untuk 32 maupun 64 bit.
83. Kororaa Linux 14 (2011-05-31)
Hari terakhir bulan Mei, Chris Smart mengumumkan terbitnya Kororaa Linux 14, yaitu sebuah distro berlandasan Fedora Linux dengan aplikasi ekstra dan dibuat lebih ramah pengguna. Kororaa 14 tersedia dengan varian desktop KDE dan GNOME masing-masing dengan arsitektur 32 dan 64 bit. Kororaa 14 (nama kode 'Nemo') disarankan untuk instalasi baru kecuali pengguna versi beta 6. Fitur baru yang disertakan termasuk update ke KDE 4.6.3.
84. BRIKER
BRIKER, adalah distro linux yang dipaket dengan IP PBX untuk mengeset server VoIP. DIstro ini dikembangkan oleh ICT Center yang juga mengembangkan VoIP Rakyat .
85.LIGOSAWALIi
·           LiGOS AWALIi, Distro AWALI merupakan turunan Slackware yg telah dicustomisasi sedemikian rupa sehingga diharapkan pengguna awam pun tidak akan sulit untuk menginstall distro ini (Proses instalasi menggunakan bahasa Indonesia). LiGOS sendiri adalah grand project yang nantinya diharapkan dapat mencakup semua kebutuhan migrasi, tidak hanya untuk warneter saja melainkan instansi, perusahaan maupun profesional.
Secara umum paket yang digunakan distro ini adalah sebagai berikut:
  • Kernel 2.6.18.1
  • Xorg 7.1.1
  • OpenOffice 2.10
  • Gimpshop 2.2.11
  • Firefox 2.0
  • Gaim 2.0beta5
  • GyachImproved 1.0.5
  • Adobe Acrobat 7.08

86.ZenCafe
ZenCafe, adalah kelanjutan dari LiGOS, dan merupakan subproject dari distro ZenWalk. Tidak jauh berbeda dengan “orang tuanya”, Zencafe dianjurkan untuk digunakan di komputer kelas bawah. Idealnya Pentium II dengan RAM 128. Menggunakan window manager XFCE, hampir mirip Gnome, hanya saja lebih ringan dan kurang begitu canggih.
87.Sindos
Sindos (Sistem Operasi Indonesia), merupakan sistem operasi berbasis Debian GNU/Linux yang memusatkan diri untuk penggunaan sehari-hari. Sindos dirancang untuk Anda yang terbiasa menggunakan Win XP dan ingin merasakan keandalan sistem operasi GNU/Linux. Sindos menggunakan Kernel 2.6.17-11 dengan desktop KDE 3.5.6 serta Openoffice 2.1 untuk tugas perkantoran dan perangkat lunak GNU/Linux lainnya yang menunjang kegiatan Anda sehari-hari.
88.Dewa linux
·           Dewalinux, merupakan Distribusi Linux hasil re-master dari distro Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon, yang dikemas lebih “user friendly” sehingga memudahkan untuk pengguna baru Linux yang telah terbiasa dengan #indows. Selain edisi umum, Dewalinux juga dikembangkan untuk kebutuhan-kebutuhan khusus:
  • Dewalinux Edisi Exclusive : dibuat dengan kemasan khas Pemesan, dengan logo, slogan, visi/misi organisasi, dsb.
  • Dewalinux Edisi Warnet : dibuat dengan fitur-fitur sesuai kebutuhan operasional warnet, termasuk billing system, dan aplikasi-aplikasi yang umum digunakan oleh warnet.

89.Linux GSI
Linux GSI adalah sebuah sistem operasi yang berbasiskan Linux dan dibangun atas aplikasi yang bersifat Open Source, yang digunakan sebagai perangkat di lingkungan pemerintah dalam menerapkan GSI (Government Secured Intranet) atau Jaringan Komunikasi Pemerintah Tertutup.
Linux GSI berisi aplikasi-aplikasi GSI sehingga memungkinkan pengguna atau pelanggan GSI bisa langung terhubung ke jaringan GSI. Aplikasi tersebut antara lain VPN, VoIP, SIAS, SMS Gateway, dan aplikasi tambahan lainnya seperti OpenOffice, GAIM, GIMP, Firefox, Evolution, Minbar (Aplikasi pengingat shalat), Zekr (Aplikasi pembelajaran Al-Qur’an).
90.Singkong Linux
Singkong Linux , (from the homepage): “Singkong Linux is simple and traditional Linux distribution, based on Slackware. Singkong means cassava in English.I like cassava. Simple and delicious.”
Distro Linux ini berbasis Slackware Linux dan menggunakan desktop Xfce, dengan berbagai aplikasi Office, multimedia, graphics, development tools, network tool, wine, database, dan game. Semua itu dalam satu CD.
91.Depdiknux
DEPDIKnux adalah distro linux yang di kembangkan oleh Departemen Pendidikan Nasional yang berfungsi sebagai fasilitas untuk menyukseskan program Jaringan Pendidikan Nasional DEPDIKnux di-develop / di-remaster dari Linux Debian dengan installer knoppix oleh saudara Hafidz salah seorang Mahasiswa STBA Bandung.
Distro ini adalah turunan KNOPPIX-4.0.2 yang telah di buat ulang untuk keperluan JARDIKNAS. Kami menyiapkan distro ini untuk :
  1. ICT gateway
  2. ICT Bandwidth Monitoring and management
Fitur depdiknux-setup

92. CHIPLux
distro live DVD berbasis PC Linux, yang berbasis PCLinuxOS yang didistribusikan majalah CHIP Indonesia sebagai bonus edisi September 2006.
93.Pazia Linux
(d.h. PacerLinux), Asosiasi Perusahaan Komputer Indonesia (Apkomindo) memiliki cita-cita besar, yaitu memperluas pengguna sistem operasi open source di Indonesia. Ini kaitannya pada daya beli masyarakat Indonesia yang dianggap belum cukup kuat. Untuk inisiasi awal program Open Source Movement (OSM) tersebut, Pazia, salah satu distributor Acer untuk produk notebook Aspire dan Ferrari, menjadi sponsornya.
94.Linux Ampera
adalah distro Linux yang dikembangkan oleh Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan Digital Kreasi. Tujuan pembuatan linux ampera ini adalah untuk memperkenalkan apa dan bagaimana linux itu. CD Linux Ampera 2 ini di-remaster dari distribusi linux Knoppix dengan penambahan/pengurangan aplikasinya, serta dibuat bernuansa Ampera.
95.Pinux
atau POinter Linux, sebuah distro berbasis RedHat 9 yang dikembangkan oleh Warnet Pointer Semarang, untuk mengganti sistem operasi di warnet akibat penyitaan komputer bersistem operasi Windows.

96.SLAMPP
merupakan distro yang dapat digunakan sebagai live CD atau instalasi, untuk membuat sebuah server dengan cepat. Dengan catchphrase “Simple Solution for Home Server”, distro ini berbasis SLAX, sebuah distro live CD berbasis Slackware.
97.Diskotix
merupakan distro Linux mini yang muat dalam 1 (satu) Floppy Disk 1,44 MB lengkap dengan aplikasi editor teks, spreadsheet, kalkulator, game, dan utility. Antarmukanya menggunakan menu, tanpa harus login. Diskotix berisi: kernel Linux 2.2, editor E3 (mirip WordStar), spreadsheet SC, game Tetris, Snake, dan Gomoku, Ash shell, Busybox, dan utility fdisk dan mkdosfs. Tersedia juga antarmuka command-line.
98.Waroeng IGOS
diprakarsai oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Kementerian Riset dan Teknologi, Departemen Komunikasi dan Informatika, Asosiasi Warnet Indonesia, Pasifik Satelit Nusantara dan Universitas Gunadarma.
99.Dolly Linux
distro berbasis Fedora Core (info diperoleh dari situs Mas Made di atas, info lebih lanjut belum ditemukan)
100.Inul Linux
sebuah distro berbasis MoviX, live CD yang akan langsung menjalankan MPlayer setelah booting, khusus edisi ini menampilkan video klipnya Inul bergoyang ngebor….(!)
Inilah Edisi 100 Distro Linux yang mungkin anda kenal..:D

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review